Selasa, 15 Desember 2009

Ride report to Bandung dan Garut..

Road to HUT HTML IX

Waktu menunjukkan pukul 22.38 wib ketika gue sampe dirumah, ngga lama berselang wahyu kurus dan dhika dating kerumah untuk mengambil pesanan kemeja dan jaket teman2 depokers ngobrol ngalor ngidul tak terasa waktu menunjukkan pukul 23.49 wib…

Tidak lama berselang wahyu cobain + tinus( bocengernya) dan hendrik merapat kerumah juga…lanjut ngobrol2 disepakati kitaberangkat pukul 01.00 wib..

Sekita 24.18 wahyu kurus dan dhika pamit pulang karena harus berangkat pagi kebandung…. Setelah wahyu dan dhika balik baru gue siap2, sebelum berangkat….mandi , pake baju siapin riding gear dan ritual rutin lainnya sebelum jalan…

Tepat pukul 01.00 perlahan tapi pasti motor kita bertiga meninggalkan kediaman gue.. dengan formasi hendrik sebagai VO dan gue sebagai sweeper melewati jalur sukmajaya – cikaret – cibinong – talang – warung jambu – tajur – ciawi – cisarua – puncak pass – cipanas… dengan kecepatan rata2 80km/jam. Mendekati daerah cianjur kecepatan agak diturunkan karena kita akan memasuki rest point 1 tukang bubur ayam cianjur….

Sampai di TKP ternyata dah rame berkumpul temen2 HTML dari berbagai simpul wilayah di jabodetabek… jadi serasa kopdar palbut pindah kecianjur…. Waktu menunjukkan pukul 02.53 wib… target jam 4 kita berangkat lagi… kopi dipesan tak ketinggalan kopi pahit … ngobrol ngalor ngidul sambil menikmati batang demi batang rokok….satu persatu kloter meninggalkan cianjur…hingga tersisa kita berempat,… tapat pukul 04.00 kita memutuskan melanjutkan perjalanan kebandung, sebelum jalan cobain berpesan untuk mampir sebentar di mesjid kalo dah masuk subuh….

Ada sedikir perubahan formasi gue jadi VO dan cobain jadi sweeper… dengan kecepatan yg masih sama tiger macan depoker berjalan melewati jajaran bis dan truk juga menembus kabut yg tumben sekali agak tebal malam itu…

Azan subuh berkumandang, sesuai permintaan cobain dan hendrik maka diputuskan kita merapat sejenak di masjid terdekat, bersih2 lalu shalat, setelah shalat perjalanan kita lanjutkan perjalanan mulai tersendat karena daerah cimahi sudah banyak angkot dan pasar dah mulai beraktivitas.. tepat sekitar pukul 06.23 kita sampai diujung jalan soekarno hatta… berhenti sebentar untuk tlp bro satrio bandung untuk Tanya lokasi acara sambil meluruskan pinggang dan tidak lupa nyalahin sebatang rokok….

Perjalanan kita lanjutkan dengan sangat2 santai kurang lebih 40-50km/jam… takut kelewatan tempatnya ..soalnye puterannya jauh….. sekita pukul 07.37 kita ber4 memasuki pintu masuk lokasi acara… parkir motor, langsung cari sarapan… selesai makan pagi acara kita lanjutkan dengan cari lapak untuk memejamkan mata…

HUT IX HTML… Bandung 12 desember 2009.

Waktu menunjukkan pukul 09 .57 wib saat gue terbangun dari tidur karena cahaya matahari mulai menembus sela2 daun kearah muka… dengan muka yg masih ngga karu karuan gue berusaha bangun dan mencari2 kamar mandi…sekilas tampak para vendor yg membuka lapak sedang beres2… oh iya selain kita berempat pagi itu juga sudah merapat temen2 dari Jakarta selatan dan juga semarang… abis bersih2 sekenanya.. kegiatan dilanjutkan dengan duduk2 santai sambil menikmati kepulan asap rokok dan alunan music… satu persatu member mulai hadir… ada pa andre yg hadir dgn mobil..tapi sayang ngga bias mengukuti acara sampai selesai die… tampaknya parkiran mulai rame…klotur demi klotur mulai memasuki lokasi acara…

Sekitar pukul 11.34 rombongan depoker dipimpin pak bien memasuki parkiran dengan elegan.…welcome brother.. selamat datang di bandung… tidak lama berselang disusul rombongan klotur 2 depoker…. Mantabzzz….salutte buat kalian semua…. Tampak jelas raut wajah cape dan kepanasan terlihat… berteduh dan bersantai sebentar diparkiran sambil makan siomay khas bandung, tak terasa waktu menunjukkan pukul 12.45 dan acara akan segera dimulai….

Yuk kita masuk… kalo yg lain harus antri dulu untuk mendapatkan tiket…gue sich langsung masuk ajah….soalnye tadi pagi dah dapet tiketnya dari mojang bandung berbaju putih dan aduhayyyy…..

Masuk dilokasi acara kita semua berkumpul di pojok deket stand bakso…hehehhe..tetep nyarinye deket tukang makanan…..satu persatu prosesi acara berjalan tampak kemeriahan di acara kali ini walau memang mungkin yg datang tidak sebanyak biasanya…tapi buat gue ngga masalah toh gue tetep bias bertemu dan ketawa ketiwi dengan sahabat2 gue dari berbagai simpul wilayah HTML… dan ada satu prosesi deklarasi gerakan anti strobe dan sirine dilanjutkan pencopotan secara simbolik strobe dan sirine…. Dengan begini kedapannya HTML mengharamkan penggunaan strobo dan sirini Karen memang bertentangan dengan Undang2 lalu lintas yg berlaku……mantabzzzzz…. Jadi makin cinta sama HTML… selamat ulang tahun HTML…… bravo HTML….

Detik berganti menit..menit berganti jam… dan sudah hampir satu bungkus rokok gue habiskan hari ini…. Seluruh acara tampaknya sudah selesai… waktu sudah menunjukkan pukul 16.58 tampak rekan2 depoker sudah bersiap untuk kembali kedepok…. Briefing sebentar di parkiran untuk pembagian klotur dan berdoa...... akhirnya sekitar pukul 17.13 satu persatu motor depokers keluar meninggalkan lokasi acara menuju kembali ke depok…..hati2 bro dijalan..keep safety slalu…..

Tersisa gue, hendrik, wahyu cobain, toni yg nyusul siang hari dari depok.. juga jarot, adenya jarot( lupa gue namanye) dan keluarga gue yg dateng naik mobil, sesuai pembicaraan sebelumnya perjalanan akan kita lanjutkan dengan sedikit adventure turing menuju samarang , garut melalui jalur PLTP lamojang..

Road to garut

Hasil rembukan disepakati kita memulai perjalanan pukul 17.30…ngobrol2 sebentat sambil bro toni mengecek kesiapan mobil , sekitar pukul 17.37 kita sepakati untuk mulai perjalanan ke garut….

Siap2 dengan riding gear masing2.. sekitar pukul 17.57 kita semua meninggalkan lokasi acara, pamit ke kawan2 lampung ,semarang, jaksel dan tuan rumah bandung yg masih ada dilokasi acara… terlamabat 27 menit dari jadwal semula..sesuai kesepakatan rombongan mobil menggunakan jalur biasa menuju garut dan kita akan ketemuan di pasar samarang garut…

Dengan formasi toni sebagai VO, hendri, wahyu cobain + boncengernya, dan gue sebagai sweeper kita bergerak meninggalkan lokasi acara menuju garut , perlahan tapi pasti kita memasuki kawasan ciparay..disambut dengan hujan dan kemacetan yg sudah menjadi khasnya bandung ….

Tuzz bergerak lambat dan ditemanai uyuran hujan akhirnya kita memasuki kawasan majalaya…begitu memasuki daerah ini kita semua seakan disambut oleh sebuah tanjakan yg lumayan terjal dan panjang….seakan tidak mau kalah tanjakan-tanjakan berikutnya hadir dengan tingkat kecuraman yg lebih tinggi … mungkin sekitr 45- 60 derajah mungkin lebih, plus kondisi jalan yg rusak menambah asik petualangan gue kali ini…tampak wahyu cobain motornya mulai kepayahan melibas semua tanjakan yg ada…mungkin karena die boncengan … sampai2 motornya mati karena over heat ..setelah melibas tanjakan yg agak panjang .. akhirnya kita putuskan untuk istirahat sebentar sebelum melanjutkan perjalanan…..

Setelah menghabiskan satu batang rokok dan mesin motornya wahyu sudah bisa hidup kembali perjalanan kita lanjutkan… perlahan tapi pasti satu persatu menu tanjakan yg ada kita lahap… dengan sukses…sampai kita mulai memasuki kawasan PLTP LAMOJANG…. Jalan lumayan mulus terhampar didepan jadi bisa sedikit menarik gas untuk tambah kecepatan…. Tanpa terasa kita sudah memasuki kawasan samarang garut… berjalan perlahan akhirnya bertemu rombongan mobil yg sudah menunggu dari tadi…. Karena kondisi perut yg mulai tidak bisa diajak kompromi.. akhirnya disepakati kita cari makan malam dulu sebelum melanjutkan perjalanan… setelah mencari2 dan terbatasnya pilihan akhirnya menu nasi goreng menjadi pilihan kita untuk makan malam hari ini,..

Karena dah mulai gerimis dan pesanan tampaknya masih lama…akhirnya nasi goreng kita bungkus.. perjalanan dilanjutkan perjalanan kali ini pun tak kalah menarik, masuk kampong keluar kampung melewati daerah persawahan…. Setelah berjalan sekitar 3,5 jam akhirnya sampai juga kita di kediaman keluarga toni di samarang garut… disambut dangan suasana tenang dan keramahan keluarga bro toni seperti gue mamasuki suatu suasana lain dari kehidupan ini, suasana yg tenang dan santai jauh dari kebisingan kota besar… makan malam dengan menu nasi goreng dan masakan khas daerah sini yaitu sambel cabe bandot… serasa makin melengkapi hari ini..semua kelelahan serasa hilang… tapi rasa kantuk tampaknya tidak bisa dihindari lagi… akhirnya gue putuskan untuk tidur duluan sementara kawan2 lain masih asik ngobrol2….


hari berikutnya dan perjalanan pulang ke depok

Suasana dingin yg mulai menembus tulang akhirnya membangunkan gue dari tidur pulas..tak terasa waktu sudah menunjukkan pukul 5.24 pagi….dengan berat hati akhirnya gue putuskan untuk keluar rumah menghirup segarnya udara yg terasa sangat asri … satu persatu kawan2 terbangun dari tidurnya…

Dan tujuan kita pagi ini adalah mandi air panas dikawasan cipanas garut… dengan agak susah payah melawan rasa malas di hati, kita semua siap2 berangkat menuju lokasi, setelah selesai makan pagi dengan ditemani beberapa saudara2 toni kita semua berangkat kea rah cipanas….

Tapi karena temanya kita akan ber adventure ria..maka tempat pemandian yg kita pilih bukan tempat pemandian yg sudah bagus dan berbentuk kolam renang, tapi sebuah pemandian umum warga sekitar yg jalur menuju kesana agak menantang menurut gue….

Setelah berjalan beberapa saat dan melalui jalan kecil yg lumayan curam kita sampai dilokasi… sekedar gambaran ajah pemandian ini adalah pemandian terbuka yg hanya ditutup dengan tembok sebatas dada tanpa atap dan tembok yg lebih plus atap sederhana dari seng untuk tempat pemandian perempuan, mungkin sekilas agak risih dan kotor tapi buat gue ini suatu keasikan tersendiri…. Kalo dijakarta kita harus mengeluarkan uang lumayan besar untuk mandi sauna, maka disini kita bisa mandi air panas sepuasnya…

Awalnya sich agak males juga kena airnya karena suhunya lumayan panas mungkin sekitar 50sampai 60 derajat celcius, tapi tanggung ahh mumpung disini kenapa ngga coba….setelah semua selesai mandi maka kita semua lanjut berjalan sedikit keatas ke PLTP derajat untuk sekedar menikmati pemandangan…. Subhanallah…. Cuma itu yg bisa gue katakana dalam hati begitu melihat semua pemandangan indah yg terhampar di depan mata…..

Setelah menikmati pemandangan dan sedikit foto2 kita putuskan kembali ke rumah bro toni untuk siap2 kembali ke depok, perjalanan tidak terasa sampai kita amemasuki pelataran rumah toni, parkir motor, ternyata makanan dah dihidangkan dengan menu sambel cabe bandot, ikan asin, nasi hangat dan kerupuk menu makan kali ini terasa nikmat..bahkan cobain dan jarot sampe berkeringat kaya abis marathon…..hehehehehe… mantabzzzzz….

Waktu sudah menunjukkan pukul 10.00 setelah rembukan sejenak kita putuskan jam 2 kita berangkat pulang…. Karena badan ini masih terasan ngantuk maka kesempatan ini gue manfaatkan untuk tidur… sekitar jam 12 toni membangunkan gue dari tidur…. Ngobrol2 sebentar dan ngobrol2 sambil beres2 tak terasa waktu sudah menunjukkan jam 01.47 tampaknya sudah waktunya kita memulai perjalanan pulang…. Setelah berpamitan keseluruh keluarga bro toni dan berterima kasih atas semua keramahan dan nikmatnya menu yg dihidangkan kita beranjak meninggalkan kediaman toni.. ternyata kita ngga bisa langsung pulang karena kita sudah ditunggu saudara toni yg rumahnya agak kebawah sedikit… dan ternyata pula menu makan siang sudah menanti kita….. wah jadi ngerepotin……

Selesai makan siang dan ramah tamah sejenak maka perjalanan harus kita lanjutkan…sekitar jam 15.45 kita meninggalkan samarang dengan formasi yg masih sama… perjalan kali ini terasa lebih cepat selain jalur yg menurun juga kita jalan di sore hari jadi masih bisa melihat medan jalan dan bisa menghidar jika ada lobang….. hujan menyambut kita ketika kembali memasuki daerah ciparay…. Pake jas ujan dulu dan perjalanan kita lanjutkan…. Tapi karena salah belok maka kita ngga melewati jalur yg seharusnya tapi malam keluar di kawasan bale endah….. memasuki jalan soekarno hatta hujan makin deras…plus kemacetan yg seperti biasa….perlahan tapi pasti diiringin macet dah hujan kita melewati cimahi – padalarang – ciranjang – cariu – cianjur dengan selamat… tapi semenjak memasuki jalur padalarang rombongan terbagi 2… toni dan hendrik di depan…. Gue dan wahyu cobain agak jauh dibelakang…. Rupanya cobain agak susah melihat jalan karena kacamatanya yg berembun karena hujan…

Memasuki cianjur kita putuskan untuk istirahat sejenak di bubur cianjur….. waktu menunjukkan pukul 19.00 ketika kita sampai di cianjur… wah ternyata bandung cianjur bisa kita tempuh 1 jam…. Ngobrol2 tentang perjalan ditemani rokok dan kopi hangat tidak ketinggalan bubur khas cianjur … tak terasa waktu menunjukkan pukul 20.24.. wah dah terlalu lama nich kita berhentinya…. Perjalanan dilanjutkan.. hujan tampaknya masih setia mengikuti kita semua malam ini… cianjur- cipanas – puncak – cisarua kita libas dengan pasti mungkin karena hujan kali yach lalu lintas kawasan puncak tidak semacet biasanya….

Memasuki kawasan ciawi tampak wahyu cobain makin kepayahan…. Entah karena kaca mata yg berembun atau memang die sudah ngantuk…… jalur ciawi – tajur – padjajaran dilahap dengan rombongan yg terpisah jauh…. Toni dan hendrik sudah menunggu sekitar jambu dua… hendrik berpamitan karena akan langsung pulangke bogor, hati2 bro…..

Selepas talang tinggal 3 motor , melibas jalur talang – keradenan dan cibinong dengan lancar.. akhirnya kita berpisah di pertigaan cibinong, gue dan wahyu belok kanan kea rah cikaret, toni belok kiri kea rah kampung tengah…perjalan kampung tengah terasa lama karena kita harus masuk2 ke kampung2 untuk menghindari perbaikan jalan….

Tepat pukul 23.08 gue tiba di rumah…. Seluruh rasa capek dan pegel dibadan rasanya hal yg sebanding dengan pengalaman2 baru yg gue dapatkan dalam perjalanan gue kali ini….

Dan untuk mengakhiri gue rasa hanya rasa syukur kepada Allah SWT yg paling pas atas perlindunganNya selama perjalanan gue kali ini

Sampai jumpa di turing selanjutnya……

Thanks to :

- Allah SWT atas perlindungan dan nikmat yg tlah dilimpahkanNya kepadaku

- all member HTML yg sudah meluangkan waktu meramaikan acara HUT IX HTML

- all depokers yg dabisa full force ke bandung, salute buat kalian semua

- toni , wahyu cobain, hendri, tinus next kita jalan bareng lagi

- jarot dan adiknya yg dah mau direpotin bawa mobil buat ngangkut keluarga gue…next gue temenin loe rot… naek motor yach kegarut….

- Keluarga besar toni digarut…untuk semua yg dah diberikan ke kita2…mohon maaf kita ngerepotin….hehehehehehehe…

- Dan semua pihak yg tidak bisa disebutkan satu persatu….

Wasalam,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar